Day 3 - Merangkai dan Mencipta Dengan Lego - Semua Anak Adalah Bintang - Tantangan Level 7, Kelas Bunda Sayang

Sunday, January 07, 2018


Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi Tantangan Level 7, Kelas Bunda Sayang

Tidak sia-sia usaha saya membawa satu tas besar berisi mainan mega blocks (sejenis lego) ketika pindahan dari Amerika Serikat ke Indonesia dulu. Ternyata mainan ini sekarang menjadi salah satu benda favorit Ucay (anak saya).

Sejak usianya masih 17 bulan, Ucay sudah saya perkenalkan dengan mainan lego. Waktu itu ia belum bisa memainkannya sama sekali. Di usia 18 bulan, tiba-tiba ia sudah pandai menyusun dan merangkai kepingan lego menjadi benda sederhana seperti bus dan kereta api.

Suatu hari ketika sedang asik main bersama, Ucay mengejutkan saya. "Ibu...fotoooo" katanya cengengesan. Tangannya memegang lego yang telah dibentuk seperti kamera. Kemudian Matanya mengintip dari lubang kecil seolah-olah ingin memotret saya. Saya pun berpose. Setelah itu kami cekikikan :)



Yang mengejutkan saya di siang itu adalah, ternyata ia sudah bisa menduplikasi apa yang pernah saya buat sebelumnya tanpa bantuan sama sekali. Semua dirangkai berdasarkan ingatannya saja. Hasilnya tentu berbeda dari yang saya buat, tapi esensinya sama. Bagi saya, yang dilakukan Ucay di usia 22 bulan sangat impresif.

Selain kamera, Ucay juga sudah bisa membuat robot, diggers, pesawat dan berbagai hewan versinya sendiri. Kini, di umurnya yang baru menginjak dua tahun ia semakin percaya diri membuat berbagai benda lain. Semakin tekun menuangkan imajinasinya.

Sampai detik ini, saya belum melihat ada titik jenuh di diri Ucay ketika bermain dengan lego, padahal ia memainkannya setiap saat, termasuk hari ini. Entah apa yang dia sukai, lego nya, atau proses membangun, mencipta dan merangkai nya? Ini jadi PR besar bagi saya dan suami untuk menjawabnya.

You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas