Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal - Nice Homework #6 - Institut Ibu Profesional

Friday, March 03, 2017


Tulisan ini dibuat dalam rangka Nice Homework #6 Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional


Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

Paling Penting:
- Mengurus diri sendiri, termasuk beribadah, tidur, makan dll untuk menjaga kesehatan
- Aktivitas bersama keluarga
- Belajar: (Belajar ilmu parenting, menjahit, membuat kue, belajar berjejaring dsb)

Paling tidak penting
Sejak mengikuti IIP ini, saya merasa sudah jarang sekali melakukan aktivitas yang kurang penting. Jika sedang bersama anak, saya hampir tidak pernah menonton TV, jarang pula mengintip akun-akun artis/selebgram dsb. Membalas pesan di whatsapp pun seperlunya. Kalaupun menggunakan sosial media, tujuannya hanya untuk membaca artikel dan sekedar mengetahui informasi terkini. Satu-satunya hal yang kurang penting dan masih saya lakukan adalah membaca artikel dan mencari informasi melalui telepon pintar menjelang tidur. Saya jadi sering kebablasan hingga diatas jam 2 pagi. Akibatnya, waktu tidur saya sering mundur, padahal saya sudah berbaring di kasur lebih awal. 

Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Seperti jawaban saya di atas, Habis untuk membaca artikel di Internet. Biarpun artikelnya bermanfaat, tapi saya sering tertalu asik membaca sampai terlambat untuk tidur.

kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)
Jadwal rutin saya saat ini telah disesuaikan dengan jadwal suami saya kuliah, mengerjakan tugas dan bertemu dengan pembimbingnya.

  1. Subuh - jam 11 pagi, waktu untuk beribadah, sarapan, memasak dan mengurus rumah. Di waktu ini, anak bermain bersama suami.
  2. 11 pagi - 8 malam : Bermain bersama anak. Biasanya anak saya akan tidur siang selama 1 jam. ketika anak tidur siang, saya gunakan waktunya untuk melakukan aktivitas dinamis atau me time.
  3. 8 - 9 malam : Menidurkan anak
  4. > 9 malam - 11.30 malam  : belajar (melakukan aktivitas dinamis)
  5. 11.30 malam : tidur
Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

Jadwal seperti di atas. Setelah jam 9 malam, saya telah mengerjakan aktivitas dinamis yang menambah jam terbang. Hanya saja, saya harus belajar patuh dan konsisten terhadap cut off time yang telah saya tentukan. Pukul 11.30 adalah waktu terakhir melakukan aktivitas dinamis. Setelah itu, waktu seharusnya saya gunakan untuk tidur malam. 

Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.
Seperti yang telah saya sebutkan, jadwal di atas telah saya aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Saya melibatkan dan membuat kesepakan bersama suami ketika merancang jadwal ini. Sejauh ini, jadwal berjalan dengan baik. Sebelumnya saya merasa tidak memiliki waktu untuk melakukan beragam aktivitas dan selalu merasa dikejar-kejar oleh rutinitas tsehingga berujung kepada emosi yang kadang secara tidak sengaja dilimpahkan ke anak. Namun sejak ada jadwal ini, saya merasa lebih bahagia dalam mengurus keluarga dan masih punya waktu untuk membahagiakan diri saya sendiri.

_SELAMAT MENGERJAKAN_
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/
  











You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas