Belajar Bagaimana Caranya Belajar - Nice Homework 5 - Institut Ibu Profesional

Friday, February 24, 2017




Tulisan ini dibuat dalam rangka Nice HomeWork #5 Kelas Matrikulasi Ibu Profesional.


Minggu ini, saya diberi tugas untuk membuat desain pembelajaran ala saya sendiri. Cukup menarik sebetulnya. Bayangkan saja, di kelas matrikulasi yang saya ikuti, ada sekitar 50 orang yang berpartisipasi. Seharusnya, akan ada 50 macam desain pembelajaran yang dihasilkan dari satu tugas ini. Di tugas kali ini, fasilitator sengaja tidak memberikan banyak informasi mengenai desain pembelajaran, agar menumbuhkan rasa ingin tahu peserta tentang konsep desain pembelajaran itu sendiri.

Dari tugas tersebut, desain pembelajaran seperti inilah yang saya hasilkan. 

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Dalam NWH sebelumnya, saya menulis bahwa misi hidup saya adalah melayani ibu, anak dan balita dari keluarga kurang mampu dengan cara membuat satu gerakan sosial yang dikelola dengan profesional. Ada banyak sekali tahapan-tahapan yang harus saya lalui, dan banyak sekali ilmu-ilmu yang harus dipelajari untuk mencapai misi ini.

Bagaimana saya menentukan satu set ilmu yang harus dipelajari tersebut? Pertama-tama, saya menentukan desired outcome (hasil yang ingin dicapai) terlebih dahulu. Sebagai contoh, di tahun pertama, saya perlu menemukan orang yang percaya dengan ide saya, kemudian merangkul mereka agar mau terlibat secara aktif di dalam kegiatan sosial yang saya gagas. Dari tujuan ini, barulah saya menentukan ilmu-ilmu apa saja yang harus saya pelajari. Dalam kasus saya, ternyata saya perlu belajar ilmu networking dan komunikasi persuasif. 

Untuk cara belajarnya sendiri, saya lebih suka membaca, kemudian praktek langsung. Jika menemukan hambatan, saya akan berdiskusi dan banyak bertanya, melakukan evaluasi, kemudian kembali lagi ke praktek. Namun karena misi ini -menurut saya- cukup besar, maka saya merasa perlu untuk mencari mentor dan melakukan intern atau magang di satu yayasan sosial. Bagaimanapun juga, saya harus memahami betul bagaimana sebuah organisasi sosial menjalankan kegiatan operasionalnya. Selain itu, saya juga akan mencari orang yang bersedia untuk menjadi mentor. Target saya, yang menjadi mentor adalah orang yang memang pernah membangun gerakan sosial dari awal, sehingga kami bisa membangun diskusi yang meaningful dan mendapatkan saran yang relevan. 


You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas