Review Buku: 500 Resep Masakan Terfavorit yang Anti Gagal Karya Ibu Sisca Soewitomo

Sunday, November 12, 2017





Mama saya itu tipe ibu rumah tangga jaman dulu. Di waktu "me time" nya, benda yang dicari adalah TV atau gameboard buat main tetris, bukan hp untuk main internet seperti ibu-ibu jaman now. Liat resep pun dari TV. Disamping tempat duduknya, disiapkan pulpen dan buku catatan kecil. Seringnya sih nyatetnya kelewat, abis resepnya cuma ditampilkan sekilas di layar. Coba ibu-ibu jaman sekarang, pasti udah tinggal di cekrek aja itu layar TV pake handphone.

Alkisah, mama saya itu punya koki idola yang bikin doi betah mantengin TV. Namanya Ibu Sisca Soewitomo. Beliau pembawa acara Aroma di saluran Indosiar. Setiap kali nonton, seperti ada komen wajib yang keluar dari mulut mama. Kalo nggak "ih itu enak banget keliatannya, mama jadi laper", atau yang agak epik seperti "kalo orang jarinya bantet-bantet kayak gitu, pasti masakannya enak (sambil nunjuk jarinya bu Sisca yang emang suka di zoom deket banget sama kamera TV).

***

Berhubung ketika sebelum menikah skill memasak saya masih berada di level PAUD, saya pun berencana untuk meng-upgrade kemampuan saya supaya naik kelas.

Si calon suami yang suportif dan koperatif menghadiahi saya buku yang berjudul 500 Resep Masakan Terfavorit karya bu Sisca Soewitomo. Harganya sekitar 325 ribu Rupiah. Itu tiga tahun yang lalu. Karena saya nggak suka masak, menurut saya harga segitu kemahalan. Mending saya beli buku tentang belajar jahit, lebih sesuai dengan passion saya. Apalagi kalau cuma resep doang, di internet kan banyak yang gratis. Tapi setelah galau-galau, akhirnya buku ini dibeli juga.




Di edisi yang saya beli ini, sampulnya masih hardcover dan semua halamannya berwarna, sangat menarik untuk orang visual seperti saya. Aneka resep masakan tersedia dalam buku ini, mulai dari masakan tradisional hingga masakan modern. Jenis masakan dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu, sehingga mudah ketika mencari resep. Nasi misalnya. Dalam kategori ini, kita bisa menemukan resep nasi bungkus peda panggang, nasi bungkus kencur, nasi bakar, dan aneka nasi rames. Selain itu, ada juga berbagai resep ayam, daging, telur, tahu, tempe, mie, pasta dan aneka bumbu dasar serta sambal. Lengkap.

***

Setelah menikah, saya pun mencoba mempraktekkan resep-resep yang ada di buku karangan bu Sisca ini. Resep yang pertama saya buat adalah perkedel tempe karena keliatannya sederhana dan murah meriah.

Setelah berjibaku di dapur, saya pun mencicipi masakan saya. Kira-kira layak nggak ya dikasih ke suami? Dan ternyataaaa...ENAK! Rasanya bukan seperti perkedel tempe biasa. Ketika dimakan, ada aroma daun jeruk yang terasa, ada juga rasa pedas dan aroma kencur. Semua elemen rasanya seimbang. Padahal saya pernah makan sambal kencur dan nggak doyan sama sekali karena rasa kencurnya terlalu mendominasi rasa cabai. 

***

Ketika pindah ke Amerika Serikat, buku ini terpaksa saya tinggal di Indonesia karena berat. Kegiatan masak-memasak pun harus bergantung kepada resep-resep di Internet. Tapi saya sering kecewa karena resep-resep tersebut kebanyakan ASAL. Dulu saya polos banget, main coba-coba aja resep yang dari gambarnya keliatannya enak. Padahal belum tentu.
Resep di internet memang gratis tapi kita harus sangat selektif. Banyak yang memberi takaran tidak pas dan tidak dibuat presisi seperti di bukunya bu Sisca ini. Kadang malah hanya memberitahu bahan-bahan dan cara membuat saja. Padahal bagi yang tidak bisa memasak sama sekali, takaran itu penting! Instinct kami belum terasah untuk tau di masakan kami ini sebenernya kurang bumbu apa. Kadang untuk masukin garam aja deg-deg-an.

Ketika kembali ke tanah air, buku resep Bu Sisca menjadi hal pertama yang saya cari selain keluarga inti. Walaupun sekarang lembaran bukunya banyak yang rusak dimakan rayap, buku ini tetap jadi kesayangan. It's my holy grail in the kitchen! Buku ini yang pertama kali berhasil membuat saya semangat untuk kembali lagi ke dapur dan mencoba memasak berbagai menu untuk keluarga.

***

Buku resep Ibu Sisca bisa dijadikan buku sakti yang bisa diandalkan oleh siapapun. Yang pemula akan terbantu, karena resep-resepnya anti gagal. Yang udah jago bakal seneng karena bisa nyobain resep baru. Dan yang punya katering bisa dapet banyak inspirasi untuk kasih pilihan menu ke pelanggan. Resepnya ada 500!

Akhir kata, teori jari-jari bantat mama terbukti. Jari-jari Bu Sisca dan resep-resepnya memang sakti!  (Sambil liat jari sendiri yang bentuknya panjang-panjang. Pantes saya nggak jago masak!)

***

Kalo ibu-ibu disini, bentuk jarinya gimana?

You Might Also Like

3 comments

  1. Salam kenal dr Surabaya. Nyasar kemari krn browsing review buku Bu Sisca krn aku abis beli buku resep beliau (tp bukan yg mbak sebut diatas). Jariku buntet kayak jari Bu Sisca jd ya semog aja hasil masakanku ntr gak jauh melenceng hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak. Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Gimanaa? Sudah coba praktekin resep2nya Bu Sisca:D

      Delete
  2. Lagi bingung mau pilih buku bu sisca yg mana buat dibeli.. Ketemu tulisan mba ini. Wah berarti oke2 ya mba resep2nya bu sisca. Saya br cobain satu menu beliau,, hihi.

    Btw jari saya jg panjang2 nih. Iya kali ya, ga jago masak juga. Hahaha...

    Salam kenal dari kota Padang

    ReplyDelete

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas