Day 1 - Robot Tempe! - Math Around Us - Kelas Bunda Sayang

Wednesday, November 22, 2017



Tulisan ini dibuat dalam Rangka memenuhi Tantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang

Temukan Matematika Di Sekitarmu!

Tau nggak kalau kita bisa belajar matematika dari kegiatan motong-motong tempe! Ternyata bisa...hahaha. Saya malah diajarin sama si Ucay (anak saya) yang belum genap 2 tahun.

Yang diperlukan ternyata cuma tempe, pisau dan imajinasi! Lupakan matematika ribet yang bikin kita takut pas jaman sekolah dulu.

Hari ini seperti biasa, Ucay yang hobinya nongkrongin saya kalau lagi masak nyeletuk:

"Kubus! Ibu Itin Obot ai tempe, dom" (baca: kubus! ibu bikin robot dari tempe, dong)

Saya yang lagi motong-motong tempe langsung dapet "Aha" momen gitu.
Betul juga. Buat orang dewasa, jenis potongan yang saya buat adalah bentuk dadu. Sedangkan bagi Ucay, bentuknya mirip kubus mainan yang sering dia pakai untuk membangun macem-macem itu. Which is nggak salah karena dadu emang bentuknya kubus! Ya kan?

Akhirnya, taraaaa...jadilah kita berdua bikin robot pakai tempe. Anggaplah potongan tempe berbentuk dadu ini sebagai mainan building blocks versi mini...hehe.

Kekurangannya, karena potongan tempenya beda-beda dan nggak terlalu simetris, jadi robotnya nggak se-steady seperti kalau dibangun pakai kubus betulan.

But hey, nggak apa-apa. Ucay tetep seneng. Lagipula kita bisa selipkan konsep simetri dan asimetri. Jadi makin banyak deh yang dipelajari! :)

***
Kalau ibu-ibu disini, sudah bermain matematika apa bersama si kecil? Apakah pernah dapet Aha momen kayak pengalaman saya diatas :)



#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas