Game Level 4 (Gaya Belajar Anak): Tantangan Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional

Sunday, September 10, 2017

Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi Game Level 4 tentang gaya belajar anak kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional

***

Setiap harinya, Kautsar pasti meminta saya untuk menyanyikan lagu "enam" dan lagu "robot" hingga puluhan kali. Judul lagu tersebut kautsar sendiri yang menentukan. Tau lagu dengan lirik "lingkaran kecil lingkaran kecil lingkaran besar, dikasih pisang lalu dimakan. Enam kali enam tiga puluh enam, dst? Itu lah lagu "enam" yang Kautsar maksud. Sedangkan lagu robot merupakan lagu karangan saya sendiri 😄. Jika di lagu "enam" saya memperkenalkan Kautsar dengan bentuk lingkaran, maka di lagu robot saya memperkenalkan Kautsar dengan bangun datar persegi dan persegi panjang.

Tanpa disadari, Kautsar jadi mengerti tentang bentuk lingkaran, persegi dan persegi panjang dengan mudah. Ketika saya tes dengan menggambar lingkaran atau persegi panjang (tanpa bernyanyi), kautsar sudah bisa menebak nama bangun datarnya.

Karena sudah lancar dengan bentuk bangun datar tersebut, maka saya mencoba bentuk lain, layang-layang. Saya mulai dengan metode yang sama yaitu bernyanyi sambil menggambar. Saya merasa metode belajar auditory + visual ini cocok untuk Kautsar. Kautsar juga terlihat menikmati dan tidak stress ketika harus belajar bangun datar. Terbukti dengan keinginannya yang meminta saya untuk menyanyikan dan mengilustrasikan lagu ini di atas kertas berkali-kali.

"Layang-layangku..  ditiup angin.. kuulur benang sepanjang mungkin.. lenggok ke Kiri.. lenggok ke kanan.. semakin meninggi mencapai awan.."

Tiga kali saya menyanyikan dan menggambar lagu ini, ternyata Kautsar sudah ingat nama bangun datarnya, meskipun ejaannya belum tepat. "Ayam-ayam" katanya 😅

#level4
#day1
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#BunsayIIP

You Might Also Like

0 comments

MY SCIENCE EDUCATION WEBSITE

A Member of

A Member of

Komunitas